Pekerjaan Sebagai Staff Purchasing Sebuah Universitas

purchasing
Staff purchasing atau pembelian di sebuah universitas mungkin menjadi salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan setiap orang karena tidak membutuhkan ketrampilan khusus. Pekerjaan ini bisa dikerjakan oleh setiap orang dengan jurusan pendidikan apapun. Yang perlu dimiliki seorang untuk bisa menjadi staff purchasing ialah kejujuran, karena jika seorang staff purchasing tidak memiliki rasa kejujuran yang tinggi maka perusahaan akan sangat dirugikan karena nya. Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi sedikit pengalaman Saya, mengenai pekerjaan sebagai staff purchasing disebuah Universitas, karena pekerjaan ini yang Saya sedang kerjakan selama hampir tiga tahun. Mulai dari mendaptkan pekerjaan tersebut, susah senang, dan proses belajarnya.

Staff Purchasing disebuah Universitas merupakan suatu pekerjaan yang tidak sulit, tidak sesulit menjadi marketing, desainer atau programer. Maka dari itu mungkin bagi Anda yang bingung mencari pekerjaan, bagian purchasing ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa di apply.

PEKERJAAN SEBAGAI STAFF PURCHASING SEBUAH UNIVERSITAS


Bermula dari lulus kuliah di jurusan management marketing. Sebagai fresh graduate tentunya Saya sangat berantusias untuk mendapatkan pekerjaan, dengan melihat teman-teman Saya yang sudah banyak mendapat  pekerjaan, Saya pun tidak mau kalah dengan yang lainnya. Oleh karena itu, Saya mencoba melamar pekerjaan melalui situs di internet yaitu jobstreet.co.id di situs tersebut Anda bisa mencari berbagai pekerjaan yang ditawarkan oleh banyak perusahaan. Saat itu saya melihat lowongan pekerjaan sebagai telemarketing, kemudian Saya apply ke Universitas tersebut, dan beberapa hari setelah saya melamar, Saya dipanggil untuk menjalani interview atau wawancara kerja. Dan setelah melalui beberapa proses yang cukup panjang, Saya diterima menjadi staff purchasing karena beberapa pertimbangan, saat interview dengan manager HRD nya Saya ditawarkan untuk menjadi staff purchasing ketimbang menjadi telemarketing, karena logat bahasa Saya yang masih sangat kental dengan dialek jawa nya. Dan Saya menerima tawaran tersebut.

Sebagai staff purchasing Anda dituntut untuk bisa bernegosiasi menawar harga dari vendor, Anda juga harus bisa menjalin relasi yang baik dengan vendor sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang bagus dari mereka. Kemudian selain itu Anda dituntut untuk membuat laporan bulanan.

Laporan bulanan disini berisikan barang-barang apa saja yang Anda beli dalam satu bulan tersebut, kemudian berapa lama rata-rata pengiriman barang yang diorder. Selain report tersebut Anda juga wajib menilai kualutas barang dan kualitas vendor. Apakah barang yang dijual vendor baik atau tidak, dan bagaimana dengan pelayanannya dan komunikasinya. Jika baik vendor bisa dipertahankan untuk bulan depan.

Demikian tadi garis besar pekerjaan staff purchasing di universitas yang Saya jalani selama ini. Oiya, Purchasing ini dibagi menjadi dua bagian. Kalau Saya memegang barang-barang IT, ATK, furnitur, elektronik. Dan rekan Saya memegang percetakan, barang-barang promosi, alat teknik dan perlengkapan gedung serta buku-buku pelajaran. Maka dari itu tidaklah terlalu berat karena ada pembagian pekerjaan yang jelas.

Jika dari Anda sekalian ada yang mau ditanyakan atau ingin sharing juga mengenai pengalaman kerja Anda ssekalian, boleh diisi pada kolom komentar dibawah artikel ini. Terimakasih.

Baca juga : Tips Menghadapi Wawancara Kerja

4 komentar:

  1. Wah keren sekali job desciptionnya ya jeng. Boleh kasih bocorannya dong jeng, kira-kira sebulan dapet berape? Terus gimane kesan-kesannye selama jadi staff purchasing di sono? Terimakaish atas sharingnye ye...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebulan lumayan lah gan bisa buat nambah-nambah tabungan. Kesannya enak si, karena jobdesk nya juga sudah tertata rapi jadi Saya hanya mengerjakan apa yang menjadi tugas Saya sebagai staff purchasing, jadi kerjanya terstruktur gitu gan. Agan sendiri kerja dimana?

      Hapus
  2. Hayoo... Dimane coba jeng?

    BalasHapus
  3. BLH tau gak kuliahnya dimana..

    BalasHapus